MBAH GUGEL - SERBA SERBI MINUMAN TEH

DISIARKAN DI DALAM ACARA MBAH GUGEL PADA HARI RABU 28 DESEMBER 2011, PUKUL 12:30 WIB ON FM 88.00 MHZ VOICE OF BELITUNG (RADIO VOB)
DENGAN MEMPROMOSIKAN SITUS DARI DATA YANG DIAMBIL
Anda adalah salah satu penikmat minuman teh, yang diambil dari kata "Te" dalam bahasa China ini? Hm... ingin tahu bagaimana sejarahnya? Mitosnya? dan beragam informasi yang lain mengenai minuman yang satu ini. Nah, Silahkan baca... persembahan dari berbagai macam situs ini saudara-saudara!

SESSION 1 (didapatkan dari http://www.berbagaihal.com)
Menurut sejarah, teh diperkirakan ditemukan oleh seorang Kaisar Kekaisaran China bernama Shen Nung yang hidup pada sekitar tahun 2737 sebelum Masehi. Kaisar Shen Nung tidak hanya dikenal sebagai seorang Kaisar, tetapi juga sebagai The Divine Healer (Sang Penyembuh dari Ilahi). Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar sangat tidak disengaja ketika daun teh pertama dari tanaman teh yang ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh ke dalam air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar.

Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru China.

SESSION 2 (masih didapatkan dari http://www.berbagaihal.com)

Legenda di jepang percaya bahwa Daruma lah sang penemu dari minuman teh. Daruma adalah pembawa ajaran agama Zen Buddha (Father of Zen Buddha) di Jepang pada tahun 600 Masehi. Terdapat beberapa versi tentang penemuan tanaman teh di Jepang yang dihubungkan dengan Daruma.

Legenda menyebutkan bahwa Daruma yang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut tahan duduk bertapa tanpa tidur ataupun memejamkan matanya selama 7 tahun (ada yang menyebutkan 9 tahun). Versi lain menyebutkan Daruma duduk bertapa tanpa bergerak sampai akhirnya kedua kakinya lumpuh. Dan yang terakhir legenda paling eksterm menyebutkan bahwa Daruma sengaja merobek kedua kelopak matanya untuk menghindari tertidur pada saat bertapa. Kelopak matanya terjatuh di tanah. Menurut legenda keajaiban terjadi ketika tempat dimana kelopak mata tersebut jatuh, tumbuh tanaman teh yang pertama di Jepang. Hal tersebut yang membuat Daruma terkenal dengan kedua matanya yang besar sebagai ikon dan dijadikan boneka terkenal di negeri Jepang.

SESSION 3 (kembali didapatkan dari http://www.berbagaihal.com)
1. Jalur Sutera
Selama masa pemerintahan Dinasti Han, Tang, Soon dan Yuan, komoditas Teh diperkenalkan ke dunia luar melalui pertukaran kebudayaan menyeberangi Asia Tengah menyelusuri benua Eropa sambil memperdagangkan kain sutera (disebut Jalur Sutera).

2. East India Company
East India Company atau Perusahaan Hindia Timur Britania yang didirikan oleh Ratu Elizabeth I pada 31 Desember 1600 yang bertujuan untuk memonopoli perdagangan di Hindia Timur. Pada tahun 1669, East India Company mendapatkan lisensi dengan mendatangkan teh dari China ke Inggris menggunakan kapal Elizabeth I. Monopoli perdagangan teh dikuasainya sampai dengan tahun 1833.

3.Penyebaran Teh ke Indonesia
Tanaman teh pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1684, berupa biji teh dari Jepang yang dibawa oleh seorang Jerman bernama Andreas Cleyer, dan ditanam sebagai tanaman hias di Jakarta. Pada tahun 1694, seorang pendeta bernama F. Valentijn melaporkan melihat perdu teh muda berasal dari Cina tumbuh di Taman Istana Gubernur Jenderal Champuys di Jakarta
.
Pada tahun 1826 tanaman teh berhasil ditanam melengkapi Kebun Raya Bogor, dan pada tahun 1827 di Kebun Percobaan Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Berhasilnya penanaman percobaan skala besar di Wanayasa (Purwakarta) dan di Raung (Banyuwangi) membuka jalan bagi Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson, seorang ahli teh, menaruh landasan bagi usaha perkebunan teh di Jawa. Pada tahun 1828 masa pemerintahan Gubernur Van Den Bosh, Teh menjadi salah satu tanaman yang harus ditanam rakyat melalui politik Tanam Paksa (Culture Stelsel).

SESSION 4 (didapatkan dari http://www.mediaindonesia.com)
1.Pembersih karpet
Bersihkan karpet kotor dengan menaburkan daun teh hijau kering. Biarkan selama 10 menit, lalu vakum keseluruhan permukaan karpet. Karpet Persia dan oriental halus bisa juga dibersihkan dengan taburan daun teh dengan potongan yang lebih kecil dan halus.

2.Pembersih lantai kayu
Zat tannin dalam teh hitam membantu lantai kayu bersinar. Caranya secara rutin gosokan teh yang telah diseduh ke lantai dengan perlahan. Jangan terlalu banyak menggunakan air pada lantai kayu keras agar cepat kering.

3.Pembersih furnitur
Tannin dalam teh membuat goresan dan noda pada permukaan kayu kembali bercahaya. Celupkan kain lembut dalam teh yang diseduh untuk mengelap furnitur yang terbuat dari kayu.

4.Pembersih cermin dan kaca
Teh dapat menghapus sidik jari yang berminyak di kaca. Cukup dengan menggosokkan teh yang dicelup pada kaca atau mengisi botol semprot dengan teh yang diseduh.

5.Pembersih noda toilet
Daun teh secara ajaib bisa menghapus noda membandel di bagian bawah toilet. Sirami toilet dengan air seduhan teh. Biarkan sejenak. Lalu singkat dudukan toilet dari berbagai sisi. (*/OL-06)

SESSION 6 (didapatkan dari http://forum.vivanews.com)
Pic From http://www.scenicreflections.com 
Apabila Anda suka minum teh dalam keadaan panas, Anda perlu sedikit waspada. Pasalnya, riset terbaru yang dilakukan oleh para peneliti asal Iran menyebutkan bahwa meminum teh dalam keadaan panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan.

Bersama timnya, Reza Malekzadeh dari Tehran University meneliti kebiasaan minum 300 orang yang didiagnosa mengidap kanker tenggorokan, sementara 571 orang lainnya dalam keadaan sehat. Mereka semua berasal dari daerah yang sama, di provinsi Golestan, di Iran Utara.

Daerah ini dijadikan sampel penelitian karena Golestan merupakan salah satu daerah dengan tingkat kanker tenggorokan tertinggi di dunia. Sebaliknya, tingkat kebiasaan merokok dan minum alkohol di daerah ini sangat rendah, namun hampir semua penduduknya meminum teh hitam secara rutin, kurang lebih sebanyak satu liter setiap harinya.

Dari penelitian tersebut, disimpulkan bahwa orang yang rutin meminum teh
kurang dari dua menit setelah dituangkan lebih rentan terhadap kanker dibandingkan dengan mereka yang menunggu empat menit atau lebih. Tidak ada keterangan pasti seberapa panas suhu teh yang menyebabkan kanker, namun peneliti menyimpulkan luka akibat panas dari teh akan menyebabkan iritasi tenggorokan.

Dibandingkan dengan meminum teh hangat atau suam kuku pada temperatur 65 derajat Celsius atau kurang, meminum teh panas, antara 65 dan 68 derajat Celsius, berkaitan dengan dua kali resiko kanker tenggorokan, dan meminum teh yang sangat panas pada 70 derajat Celsius atau lebih berkaitan dengan peningkatan delapan kali lipat.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi minuman dalam keadaan panas berbahaya bagi kesehatan Anda.

SESSION 7 (didapatkan dari http://germany2007.multiply.com)

.Antioksidan yang dimiliki teh memberikan perlindungan bagi tubuh Anda dari penuaan ataupun efek dari polusi.
• Teh mempunyai kafein yang lebih rendah dari kopi.Kopi biasanya mempunyai kafein 2 hingga 3 kali lipat lebih banyak dari teh. Secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan kafein di teh dengan ukuran yang sama, hanya terdapak kafein sebanyak 30-40 mg saja.

• Mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.Gumpalan dalam darah yang berasal dari kolesterol menyebabkan serangan jantung dan stroke. Teh dapat membantu melancarkan aliran darah dan membersihkannya. Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari 70% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.

• Teh melindungi tulang.
Tidak hanya susu yang ditambahkan pada teh yang dapat memperkuat tulang Anda. Ada penelitian yang menemukan bahwa orang yang telah meminum teh lebih dari 10 tahun memiliki tulang yang kuat. Ini mungkin disebabkan oleh phytochemical yang terkandung di dalam teh.

• Teh memberikan senyum yang indah.
Bukan teh yang menyebabkan kerusakan gigi, namun gula yang dicampurkan di dalamnya yang mempunyai efek buruk pada gigi. Teh sendiri mengandung flouride yang menjauhkan plak dari gigi. Jadi, tambahkanlah teh tawar pada rutinitas Anda dalam menjaga gigi dan gusi.

• Teh meningkatkan pertahanan tubuh Anda.
Meminum teh dapat membantu ketahanan tubuh Anda agar terhindar dari infeksi.

• Teh melindungi tubuh dari kanker.
Teh mengandung polyphenol, antioksidan yang ditemukan dalam teh, yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

• Teh dapat menjaga tubuh tidak kekurangan cairan.
Selama ini minuman yang mengandung kafein dianggap tak dapat dikategorikan dalam minuman yang memberi kontribusi cairan bagi tubuh. Namun para peneliti ternyata menemukan bahwa minuman berkafein dapat memberikan kontribusi cairan yang sama dengan minuman lain.

• Teh bebas kalori.
Teh tidak mengandung kalori, kecuali jika ditambahkan pemanis atau susu. Mengkonsumsi 250 kalori lebih rendah per harinya akan dapat menurunkan berat badan sebanyak kurang lebih 1/2 kg per minggunya.

• Teh meningkatkan metabolisme tubuh.
Teh, terutama teh hijau, dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Anda dapat membakar sekitar 70-80 kalori tambahan hanya dengan meminum 5 cangkir teh hijau setiap harinya.


DISIARKAN DI DALAM ACARA MBAH GUGEL PADA HARI RABU 28 DESEMBER 2011, PUKUL 12:30 WIB ON FM 88.00 MHZ VOICE OF BELITUNG (RADIO VOB)
DENGAN MEMPROMOSIKAN SITUS DARI DATA YANG DIAMBIL

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan